Absensi di Mana Saja: Membantu HRD dalam Memantau Produktivitas Karyawan yang Bekerja di Luar Kantor

  • Published in HRIS
  • Read 1201 times

Pemantauan absensi/kehadiran karyawan yang sering menjadi tidak akurat karena banyak kecurangan absensi yang terjadi. Akibatnya berdampak pada analisa produktivitas, performa, dan perhitungan gaji. Salah satu peran HRD di sini adalah membantu, perusahaan membayar benefit karyawan sesuai dengan performa dan absensi karyawan.

Attendance Mobility Solution

HRD dapat memanfaatkan teknologi aplikasi mobile dan geo-tagging location untuk keperluan absensi karyawan yang bertugas di luar kantor. Sebagai salah satu contoh adalah sebuah perusahaan telepon genggam, yang memiliki banyak Sales Promotion Girl (SPG) yang ditempatkan di berbagai lokasi mall, pusat perdagangan, atau bahkan beberapa lokasi cabang perusahaan.

Setiap karyawan yang bekerja di lapangan, dapat melakukan absensi di lokasi yang telah didaftarkan oleh perusahaan, dan langsung ter-update di dalam data absensi perusahaan. Contohnya: lokasi merchant, lokasi kantor cabang, lokasi proyek, atau lokasi apapun yang dianggap valid sebagai lokasi aktivitas bekerja karyawan. Idealnya, apabila karyawan menjalankan prosedur absensi, supervisor atau manager dapat memantau kehadiran timnya dan HRD juga dapat menjaga performa karyawan di perusahaan mereka.

Secured Attendance System

Di Indonesia tidak asing terdengar istilah "titip absen". Hanya dengan memberi login account kepada rekan kerja sesama karyawan, bisa saling titip absen, atau menggunakan foto jika fitur absensi menggunakan face-detection. Atau kecurangan lainnya, seperti yang terjadi pada game Pokemon GO beberapa waktu lalu, dimana lokasi dapat dengan mudah dipalsukan dengan aplikasi Fake GPS, Proxy, dan lain sebagainya. Memakai sidik jari? Diperlukan investasi hardware yang tidak murah. Oleh karena itu, solusi Human Resource Management System (HRMS) untuk absensi perlu diperhatikan juga faktor keamanan dari penyalahgunaan para pemakainya.

 

Artikel terkait: