3 Alasan Utama Perusahaan Modern Membutuhkan Productivity Management System

  • Published in HRIS
  • Read 650 times

Employee productivity management bukan semata-mata merupakan cara mengevaluasi produktivitas karyawan, juga tidak hanya berkaitan erat dengan kenaikan gaji. Evaluasi produktivitas yang efektif memastikan bahwa setiap karyawan menunjukkan produktivitas optimal untuk meraih tujuan yang lebih tinggi lagi, yaitu kesuksesan perusahaan.


Oleh karena itu, evaluasi produktivitas menjadi hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Pendekatan yang holistik juga dapat membuat perbedaan terhadap kinerja perusahaan secara keseluruhan.


Untuk menciptakan workforce yang memiliki motivasi tinggi, perusahaan perlu melakukan sesuatu yang jauh lebih besar daripada sekadar mengevalusi pencapaian karyawan, tetapi mengimplementasikan productivity management system yang tidak menjadikan judgment sebagai fokus utama. Fokus utama perusahaan haruslah berupa support berkelanjutan, feedback dan improvement yang terus-menerus.


Dengan demikian, penting bagi perusahaan untuk menerapkan productivity management system yang unggul dan berkualitas untuk mengevaluasi kinerja karyawan.  Apa saja alasan teratas perusahaan Anda membutuhkan sebuah productivity management system?


Membuat karyawan merasa semakin dihargai
Di antara banyak hal yang dihargai karyawan, satu hal yang sangat penting bagi mereka adalah pengakuan atas pekerjaan yang mereka lakukan. Agar merasa benar-benar puas dan kompeten, karyawan perlu merasa bahwa mereka dihargai. Evaluasi produktivitas dapat menjadi kesempatan bagus bagi Anda untuk memberikan feedback tulus kepada para karyawan dan membantu mereka bekerja semakin baik lagi ke depannya. Jika karyawan menyadari kalau pekerjaan mereka diapresiasi, mereka akan termotivasi untuk menjadi semakin produktif menunjukkan yang lebih baik lagi. Mereka juga menghargai saran dan masukan Anda dan memahami bahwa saran dan masukan tersebut adalah demi perkembangan diri masing-masing karyawan dan keberhasilan perusahaan.


Menentukan goal baru
Evalusi membantu Anda menentukan goal baru bagi karyawan, memotivasi mereka dan memberikan mereka target yang sesuai sehingga membuat mereka merasa lebih percaya diri dalam mencapai target tersebut. Yang terpenting, setiap karyawan memahami bahwa mereka turut berkontribusi terhadap kemajuan dan kesuksesan perusahaan.


Mendiskusikan kendala dan tantangan
Evaluasi kinerja adalah saat karyawan dan manajer dapat berbicara dari hati ke hati jika ada kendala dan tantangan yang dihadapi dalam pekerjaan sehari-hari, apa yang membuat mereka menjadi kurang produktif. Inilah waktu yang didedikasikan untuk terjalinnya interaksi (selain meeting rutin). Perusahaan dapat memanfaatkan waktu evaluasi ini sebaik-baiknya.


Dengan productivity management system yang tepat, Anda bisa mendapatkan gambaran keseluruhan mengenai karyawan mana yang sudah sangat produktif dan karyawan mana yang masih perlu meningkatkan produktivitasnya. Jika Anda memiliki data statistic yang disajikan dalam bentuk grafik yang mudah dimengerti, Anda dapat mengidentifikasi apa yang menyebabkan kurang produktifnya karyawan dan apa yang bisa dilakukan untuk membuat karyawan menjadi semakin produktif. Ini menunjukkan bahwa Anda peduli dengan perkembangan karyawan Anda secara keseluruhan.


Tak ada solusi yang lebih baik untuk memantau produktivitas karyawan selain Human Resource Information System (HRIS). Memanfaatkan solusi HRIS berupa HR Dashboard adalah permulaan yang baik. HR Dashboard dirancang untuk membantu perusahaan melaksanakan evaluasi produktivitas secara efektif. Dapatkan solusi HRIS SIAPP dengan menghubungi Feti di 021 386 1772 atau melalui email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it..

 

Artikel terkait: