PEACE OF MIND through ICT ONE SOLUTION

Sebagai perusahaan penyedia Solusi ICT (Information and Communication Technology) yang berdiri sejak 1983, PT Realta Chakradarma (REALTA) menyadari benar bahwa seluruh aktifitas dunia IT adalah mengenai Pertukaran Informasi (Information Exchange). Informasi apa yang disampaikan serta bagaimana informasi itu dipertukarkan merupakan fokus utama REALTA dalam membuat (Development), menerapkan (Implementation), dan mengembangkan (Maintenance) solusi-solusinya.  REALTA memiliki tolok ukur dan filosofi yang jelas sebagai dasar dalam bekerja, yaitu terciptanya: Peace of Mind through ICT ONE Solution.

Peace of Mind sendiri secara singkat bisa diartikan sebagai ketenangan atau keadaan tenteram secara mental dan emosional. Peace of Mind through ICT ONE Solution adalah keadaan di mana alur pertukaran informasi berjalan dengan sungguh baik sehingga kinerja para stakeholder, yakni siapapun yang menggunakan IT atau mengalami dampak dari penggunaannya, mengalami peningkatan yang berarti (significant) dan terus-menerus (continuous growth).

Seperti apakah rumusan Peace of Mind through ICT ONE Solution?  Penyampaian informasi yang tepat, kepada orang yang tepat, pada saat yang tepat (Delivering the right information, to the right person, at the right time).

Informasi yang tepat berarti akurat (accurate) dan mudah dimengerti (easy to understand).  Informasi yang akurat bebas dari kesalahan dan resiko disalah-artikan. Mengingat alur informasi dari pengirim ke penerima itu bisa bervariasi dari sisi proses, jarak, maupun media, besar kemungkinan terjadinya gangguan yang bisa mengubah atau merusak informasi.  Selanjutnya, sistem yang baik harus bisa menyajikan informasi yang mudah dimengerti.  Artinya, penerima dengan mudah dapat mencerna dan mengambil kesimpulan dari informasi tersebut. Ini berarti bahwa informasi yang dihasilkan/disampaikan adalah informasi yang berguna (useful) bagi si penerima, bukan data-data yang tidak ada gunanya.

Disampaikan kepada orang yang tepat berarti disampaikan dengan sistem yang utuh menyatu (integrated) dan aman (secured) sehingga informasi tidak mengalami hambatan yang disebabkan oleh perbedaan lokasi, unit kerja, atau sistem IT.  Demikian pula, informasi tidak boleh jatuh ke tangan yang salah, baik secara sengaja maupun tidak. Kedua aspek ini tidak bisa dilepaskan satu sama lain. Guna memastikan bahwa tujuan dari informasi spesifik sampai ke penerima yang benar, perencanaan sistem dimulai dari pengetahuan mendalam mengenai alur kerja (business process) yang terbaik (best practice), yang kemudian diterjemahkan ke dalam sistem (system design).  Selanjutnya, jalur penyampaian informasi diatur sesuai dengan otorisasi para penggunanya (user authorization) sehingga integritasnya senantiasa terjaga.

Pada saat yang tepat berarti informasi yang disampaikan menuntun pada tindakan (actionable) dan memberdayakan pengambilan keputusan yang benar (relevant).  Ketepatan waktu dalam penyampaian informasi mendorong penerima informasi untuk memberikan respons yang baik.  Informasi yang tiba terlalu dini biasanya tidak memberikan gambaran yang cukup akurat untuk menjadi dasar pengambilan keputusan.  Alhasil, penerima informasi harus menunda pengambilan keputusan hingga informasi menjadi cukup.  Informasi harus lengkap, apabila kurang dari itu, maka informasi tersebut tidaklah relevan.  Hal ini menjadi demikian penting ketika langkah atau keputusan bisnis harus diambil sebagai akibat dari- ataupun atas dasar- informasi.  Sebaliknya, informasi yang tiba terlalu lambat tidak hanya mengurangi daya saing dan efektifitas suatu keputusan bisnis, bahkan dapat mendorong terjadinya budaya pengambilan keputusan berdasarkan perasaan semata; seorang bijak pernah berkata, “Hanya pada Tuhan kita percaya, orang-orang lain silahkan membawa Data”.

Atas dasar tekad menciptakan Peace of Mind through ICT ONE Solution inilah, REALTA telah menciptakan berbagai solusi yang menciptakan ekosistem dimana Informasi yang tepat disampaikan kepada orang yang tepat, pada saat yang tepat.  Ekosistem yang diciptakan mengikuti suatu standardisasi mutu (best practices) tanpa melupakan keunikan kebutuhan masing-masing customer.  Standard inilah yang disebut ICT ONE Solution, di mana seluruh proses mulai dari Development, dilanjutkan dengan Implementation, hingga Maintenance dilaksanakan menurut standarisasi ISO dan berdasarkan pehaman menyeluruh atas komponen-komponen ICT, yaitu Software, Hardware, dan Infrastructure.