Article & News

3 Tips Menggunakan THR Untuk Generasi Millennial

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Millennial, merupakan generasi yang sangat akrab terdengar beberapa tahun belakangan ini. Generasi ini digadang-gadang sebagai generasi yang mampu memberikan dampak besar dan perubahan di dunia. Istilah millennial sendiri ditelurkan oleh dua penulis dan sejarahwan asal Amerika Serikat William Strauss dan Neil Howe dalam beberapa buku yang ditulisnya.

Millennial, merupakan generasi yang sangat akrab terdengar beberapa tahun belakangan ini. Generasi ini digadang-gadang sebagai generasi yang mampu memberikan dampak besar dan perubahan di dunia. Istilah millennial sendiri ditelurkan oleh dua penulis dan sejarahwan asal Amerika Serikat William Strauss dan Neil Howe dalam beberapa buku yang ditulisnya.

Dalam setiap tulisannya, William Strauss dan Neil Howe sendiri secara khusus tidak memberikan spesifik demografi dan  hanya menggolongkan dari tahun lahir umur seseorang. Golongan Millennial atau disebut Generasi Y adalah mereka yang lahir pada tahun 1980 sampai 1990 akhir.

Ditahun 2018 ini pastinya para Millennial aktif, sudah bekerja dan memiliki penghasilan, ditambah lagi bagi mereka yang muslim bulan ini mendapatkan tunjangan hari raya yang pastinya akan semakin banyak penghasilan yang didapatkan.

Dari riset yang dilakukan perusahaan teknologi bernama Ericsson, baru-baru ini menyimpulkan, bahwa generasi Millennial identik dengan hal-hal yang baru dan “kekinian”. Mereka cenderung mengikuti apa yang sedang tren dan juga menduplikasi gaya dari seorang yang digemarinya. Hal tersebut mencakup fashion, tempat hangout, gadget sampai apilkasi di smartphone.

Untuk kamu para Millennial, apakah sudah mempunyai rencana agar tidak terbawa dengan arus yang membuat kamu menghabiskan banyak uang THR di bulan ini? Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan tips yang bisa kamu ikuti, agar THR kamu aman dan tidak boros. Berikut 3 tips menggunakan THR untuk generasi Millennial :

 

Tentukan Prioritas

Mendapat THR memang sungguh menyenangkan, namun kadang akan berbalik menjadi penderitaan bila kamu tidak menentukan prioritas ke mana uang ini akan digunakan. Kita ambil contoh saja, ketika THR sudah kamu dapatkan, kamu langsung berbelanja karena banyak “SALE” yang tersedia. Selepas kamu berbelanja kamu kembali berpikir ternyata banyak barang yang sebetulnya kamu tidak perlu, namun dibeli karena tengah ada diskon yang menurut kamu besar-besaran. Hal ini harusnya dapat kamu hindari!

Mulai sekarang tentukan prioritas kamu, uang lebih dari THR ini ingin kamu habiskan atau kamu keluarkan  untuk apa? Gadget baru? Pakaian baru? Atau Sepatu baru? Lalu setelah dibeli jangan melebarkan keinginan kamu lainnya secara mendadak. Dengan menentukan prioritas, kamu dapat menjaga uang THR kamu tetap aman.

 

Gunakan Hanya 50 Persen Uang THR

Untuk menjaga pengeluaran yang tiba-tiba saat lebaran, ada baiknya kamu lebih bijak lagi  menggunakan uang THR kamu. Salah satu caranya adalah dengan berkomitmen hanya menggunakan 50 persen saja uang dari THR yang kamu terima, hal ini diyakini mampu menyelamatkan uang THR kamu. Selain itu, dengan menyimpan 50 persen uang THR kamu, ini bisa berdampak positif dengan tabungan yang sedang kamu kumpulkan untuk sesuatu yang nantinya bisa kamu beli di kemudian hari.

Jadi millennial juga harus cerdik, dengan menjaga uang lebih dari THR yang kamu terima. Dengan komitmen hanya menggunakan 50 persen uang THR, tentunya akan berdampak positif pula dengan uang saku kamu, sehingga nantinya tidak ada lagi kata “Bokek” di hari selanjutnya terutama ditanggal-tanggal jauh selepas gajian.

 

Sisihkan Untuk Sedekah

Mendapatkan rejeki yang lebih akan menjadi berkah dengan memberi pada sesama.

Jadilah generasi millennial yang  memikirkan bukan saja masa depan, tapi juga semangat berbagi dengan sesama. Semangat ini jika bisa direalisasikan, biasanya akan memberikan suatu kebahagiaan tersendiri bagi kamu.

 

THR seperti pedang bermata dua, dimana ini bisa menjadi momen yang positif, disisi lain dapat membuat kamu menjadi manusia yang sangat konsumtif. Perilaku millennial yang selalu up date hal-hal terbaru memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun jangan terjebak dengan sebuah stigma, jadilah millennial yang cerdas dan memiliki perencanaan keuangan dengan baik. Share juga pengalaman menarik kamu tentang penggunaan uang THR di kolom komen ya, have a nice day! Salam Realta! (Abn)

Copyright © 2017 PT Realta Chakradarma. All rights reserved.

Search